Thursday, 14 January 2016

CARA MENCARI NILAI RAPOR OTOMATIS PADA EXCEL

CARA  MENCARI  NILAI  RAPOR OTOMATIS  PADA  EXCEL

Langkah - langkah penulisan fungsi IF


·        Klik pada sel yang akan di isi
·        Awali penulisan rumus dengan tanda sama dengan ( = )
·        Ketik kata IF
·        Lanjutkan dengan tanda kurung
·        Masukkan logical test atau syarat yang dapat berupa suatu cell atau
     bisa berupa formula
·        Beri tanda koma (,) atau titik koma (;) untuk memisahkan antara 
     logical _test, value_if_true dan value_if_else
·        Masukkan value if true yang artinya apabila logical test benar maka teks 
     ini yang akan di hasilkan
·        Masukkan value if false yang artinya apabila logical test salah maka teks 
     ini yang akan dihasilkan
·        Beri tanda petik (“ ”) pada statement yang berupa kalimat
·        Jangan lupa untuk mengakhiri rumus dengan tanda tutup
·        Tekan enter dan copy formulanya ke sel di bawahnya



           1.     Rumus untuk mencari nilai jumlah pada nilai Rapor di atas

·        Pada table nilai rapor  di atas memliki 13 pelajaran atau nilai yang di mulai dari E6 sampai Q6.
·        Setelah itu tulis pada jumlah  = SUM(E6 : Q6)



             2.     Rumus untuk mencari nilai Rata – Rata
·                 Ketik pada table rata – rata   =R6/13


              3.     Table untuk mencari nilai huruf menggunakan rumus IF



               
                 4.     Untuk mencari nilai keterangan dari nilai huruf di atas






0 comments:

Post a Comment